8 Protokol New Normal untuk Hotel Anjuran dari World Travel & Tourism Council

luxury-bedroom-suite-resort-high-rise-hotel-with-working-table (1)

8 Protokol New Normal untuk Hotel Anjuran dari World Travel & Tourism Council

  • “8 Protokol New Normal untuk Hotel Anjuran dari World Travel & Tourism Council”
  • Sektor pariwisata sebagai sektor yang paling terdampak karena corona pun juga telah bersiap untuk mengikuti mengurangi kontak fisik tersebut. World Travel & Tourism Council ( WTTC) meluncurkan protokol baru untuk menjadi standar pada era new normal nanti. Protokol ini berbicara seputar kesehatan dan keselamatan untuk sektor perjalanan dan pariwisata.
  1. Kartu dan kunci kamar akan jadi fokus petugas kebersihan hotel

  • Beberapa titik yang paling sering disentuh di hotel seperti kartu dan kunci kamar akan menjadi fokus perhatian bagi petugas kebersihan. WTTC menganjurkan kepada pihak hotel untuk mengevaluasi kembali panduan untuk petugas kebersihan. Evaluasi difokuskan terutama pada area-area atau titik-titik yang paling sering disentuh oleh manusia, baik petugas atau tamu
  •  
  1. Pastikan jarak sosial untuk para tamu Area hotel akan menerapkan social distancing atau jarak sosial untuk para tamu. WTTC menganjurkan agar pihak hotel menyediakan penanda atau informasi tentang hal tersebut di hotel. Hal mengenai jarak sosial juga harus ada dalam panduan di dalam lift hotel.

  •  
  1. Melatih kembali para staf hotel terkait protokol kesehatan Covid-19

  • Pihak manajemen hotel dapat melakukan pelatihan kepada staf terkait dalam pengendalian infeksi seperti jarak sosial dan langkah-langkah kebersihan yang ditingkatkan. Hal tersebut termasuk dengan mencuci tangan dan penggunaan masker serta sarung tangan. Semua barang asing harus dihilangkan di seluruh hotel.
  •  
  1. Hilangkan barang tak perlu di hotel

  • Guna menghindari kontak fisik atau sentuhan dari benda asing, maka sebaiknya hotel menghilangkan barang-barang yang tak perlu. Benda-benda tersebut dinilai dapat menjadi penghantar dari adanya virus, jika tersentuh oleh manusia.
  •  
  1. Hotel memperkenalkan pembayaran kamar tanpa kontak fisik

  •  Jika memungkinkan, WTTC menganjurkan agar pembayaran sewa kamar hotel, tanpa kontak fisik . Anjurannya, pihak hotel dapat mengintegrasikan teknologi untuk mengaktifkan pembayaran otomatis yang bisa dilakukan melalui sistem online.
  •  
  1. Menawarkan layanan kamar tanpa kontak fisik

  • Pihak hotel diharapkan dapat memberikan pelayanan kepada tamu tanpa adanya kontak fisik langsung. Para staf atau pelayan di hotel dapat mengirimkan layanan kepada tamu dengan tidak bersentuhan langsung, sehingga potensi penyebaran virus corona dapat dicegah.
  •  
  1. Komunikasikan kepada tamu tentang protokol New Normal

  • Pihak hotel diharapkan dapat memiliki komunikasi yang jelas, konsisten, dan terus dilakukan kepada para pelanggan.  Komunikasi terbilang penting, terutama tentang adanya peraturan atau protokol kesehatan dan kebersihan yang baru. Hal tersebut dapat dilakukan baik secara digital maupun fisik di hotel.
  •  
  1. Pembukaan restoran hotel dan ruang rapat dengan protokol kesehatan dan kebersihan

  • Hotel diharapkan dapat kembali membuka restoran dan ruang rapatnya dengan mengutamakan protokol kesehatan dan kebersihan.
  •  
  • Ketika hotel kembali dibuka , baik restoran maupun ruang rapat dianjurkan WTTC agar tetap memastikan jarak sosial, melakukan semprotan disinfektan, dan menjaga keamanan pangan. Protokol bertujuan dapat mengembalikan kepercayaan di sektor perjalanan dan pariwisata. Sehingga ekonomi pariwisata dapat kembali berjalan.
blank
Subscribe

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia bisnis online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Loading